GOOGLE SEARCH ENGINE
Custom Search

Rizal Ramli




Nama :
Rizal Ramli
Tempat Tanggal Lahir : Padang, 10 Desember 1953
Agama : Islam
Istri : Ny Herawati (alm)
Anak :
1. Dhitta Puti Saraswati
2. Dipo Satrio Ramli
3. Daisy Ramli

Pendidikan :
Institut Teknologi Bandung
University of Boston

Karir :
1992 - 2000 Direktur Econit
2000 - 2000 Kepala Bulog
2000 - 2001 Menko Perekonomian
2001 - 2001 Menteri Keuangan
2006 - 2008 Komisaris PT Semen Gresik
2007 - sekarang Ketua Komite Bangkit Indonesia

Alamat : MJl bangka IX No 40 R, Jakarta Selatan

Rizal Ramli merintis jalan hidup dengan susah payah. Sebagai anak yatim-piatu, ia mesti membiayai sendiri kuliahnya di Iinstitut Teknologi Bandung (ITB). Tekanan hidup itu justru mendekatkan dirinya dengan problematika masyarakat. Tahun 1978, ia ikut dalam gerakan menentang pemilihan kembali Soeharto sebagai presiden. Kejadian itu memberinya ruang di sel selama 18 bulan.

Lepas dari penjara, Rizal Ramli banyak meniti pendidikan di luar negeri. Ia memperoleh gelar doktor dari Boston University dan sejurus kemudian memutuskan pulang ke tanah air. Di Indonesia, Rizal mendirikan Econit (1992). Sebuah lembaga pengkajian ekonomi. Dari Econit inilah, Rizal menuai reputasinya. Ia banyak mengkritisi kebijakan pemerintah yang dirasakan tidak fair bagi masyarakat.

Kiprahnya yang dekat dengan kaum oposisi, membuat Presiden KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang mendukung pluralisme, meliriknya untuk ditempatkan pada posisi kepala Bulog pada tahun 2000. Rizal hanya 6 bulan menduduki kursi itu, seterusnya ia diangkat menjadi menteri perekonomian.

Ambruknya, Gus Dur dari pemerintahan juga menjadi akhir karir Rizal di birokrasi. Selanjutnya ia kembali ke Econit. Kinerjanya yang tokcer dalam masa singkat di birokrasi, membuat pemerintah SBY meliriknya untuk menjadi preskom PT Semen Gresik di tahun 2006. Namun, posisi ini hanya digenggam selama 2 tahun. Tahun 2008, Rizal dipecat yang penyebabnya dibumbui rumor keterlibatannya dalam demo anti-kenaikan harga BBM yang diduga digerakkan Komite Bangkit Indonesia (KBI).

KBI adalah gerakan sosial yang didirikan Rizal Ramli bersama rekan-rekannya. Terkait demo-demo yang melibatkan KBI pula, Rizal Ramli belum lama ini ditetapkan sebagai tersangka. Padahal, Rizal Ramli sendiri meski tidak berpartai sudah mengumumkan pencalonan dirinya untuk siap maju sebagai calon presiden. Terakhir, berkoalisi dengan Ketum Partai PNBK Eros Djarot, ia mendedeklarasikan diri sebagai dwitunggal.

Lowongan Kerja Terbaru 2009...
HELP YOU TO CHOICES YOUR DREAMS, WANTS AND NEEDS

Order Champix Online

0 komentar:

Post a Comment

 

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

RECENT COMMENT