GOOGLE SEARCH ENGINE
Custom Search

Sejumlah Alasan Mbah Surip Dikubur di Bengkel Teater

http://d.yimg.com/hb/xp/dtik/20090804/13/2945712250-mbah-surip-dimakamkan-malam-ini-juga.jpg?x=180&y=177&sig=CEXKDSdQInyn.w_QPm8HKw--

JAKARTA LIFE'S STYLE. Penguburan jenazah Mbah Surip alia Urip Arianto, berakhir menjelang tengah malam tadi, pukul 23.30. Usai pembacaan doa yang dipimpin Ustad Hasanudin dari Cipayung, Depok, Jawa barat, satu persatu keluarga menaburkan bunga di pusara penyanyi berambut gimbal itu.

Prosesi pemakaman Mbah Surip dimulai pukul 22.40. Dari pengelola Bengkel Teater menyiapkan genset untuk penerangan proses penguburan, serta tenda untuk menampung keluarga dan simpatisan yang jumlahnya ratusan orang.

Kenapa Mbah Surip dimakamkan di kompleks pemakaman Bengkel Teater milik penyair WS Rendra di Kampung Citayam, Pancoran Emas, Depok, Jawa Barat?. Itu memang telah menjadi salah satu wasiat tak resminya pelantun lagu Tak Gendong tersebut. "Sebelum meninggal Mbah Surip memang minta dikuburkan di Bengkel Teater," ujar Erwan Burhani, juru bicara Bengkel Teater kepada Tempo, Selasa (4/8).

Jauh sebelum ngetop seperti sekarang, Mbah Surip memang sering bermain ke Bengkel Teater. Dia suka menghabiskan waktu di kompleks yang banyak dihuni para seniman Jakarta itu. Ia bergaul dengan siapa saja di sana, dan bahkan sering menginap.

Yacob, salah seorang seniman di Bengkel Teater mengatakan, Mbah Surip memang memiliki kedekatan moral dengan Bengkel Teater. "Setiap datang ke sini, dia selalu bilang, nanti aku kalau mati dikuburkan di sini saja ya...," ujar Yacob menirupan pesan ayah empat anak itu.

Ihwal kenapa Mbah Surip ingin dimakamkan di Bengkel Teater, tak ada kalanga seniman yang mengetahui persis. Mereka cuma menduga-duga, karena di kompleks pemakaman itu banyak seniman terkenal dikuburkan.

Keluarga Mbah Surip sempat meminta agar jenazah almarhum yang meninggal sekitar pukul 10.00 kemarin dikebumikan di kampung halamannya di Mojokerto. Namun, setelah digelar rapat singkat antara keluarga Mbah Surip dengan pengelola Bengkel teater serta sejumlah perwakilan seniman, diputuskan jenazah tetap dikubur di Depok.

Penyair W.S. Rendra memang membangun kompleks pemakaman khusus buat para seniman, seluas 100 meter persegi. Letaknya di dekat kompleks latihan teater Bengkel Teater Rendra.

Sejumlah seniman terkenal seperti Mardiyanto, seniman teater, dan Semsar Siahaan, perupa dan aktivist terkenal, di antara beberapa nama seniman yang dimakamkan di kompleks itu. (tempointeraktif)






0 komentar:

Post a Comment

 

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

RECENT COMMENT