GOOGLE SEARCH ENGINE
Custom Search

SBY Tunjukkan 6 Keberhasilan

http://www.kompas.com/data/photo/2009/06/18/2010208p.jpg

Calon presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengemukakan enam pokok keberhasilan pemerintah selama lima tahun dipimpinnya. Capres SBY menyatakan hal itu dalam kampanye di Gelanggang Olahraga Rumbai, Pekanbaru, Riau, Sabtu (20/6).

Keberhasilan itu, katanya, pertama, politik makin stabil tanpa gonjang-ganjing seperti periode sebelumnya. Selama lima tahun terakhir juga tidak ada krisis kepemimpinan politik. ”Ini contoh keberhasilan yang mesti disyukuri,” ujar SBY yang dahi dan lehernya bercucuran keringat.

Kedua, hukum, hak asasi manusia, dan korupsi makin tajam, keras, dan menggigit. Lima tahun lalu Indonesia masuk urutan kelima dari bawah negara terkorup, saat ini menjadi nomor 55 dari bawah. ”Sudah 134 pejabat negara yang saya izinkan diperiksa,” ujarnya.

Ketiga, keamanan di Aceh, Poso, Ambon, dan Papua pulih kembali. Kerusuhan yang dulu banyak terjadi, dalam lima tahun terakhir, tidak lagi terjadi.

Keempat, ekonomi tumbuh di atas 6 persen meskipun krisis dunia terjadi. Lima tahun sebelumnya, ekonomi hanya tumbuh 5 persen. ”Ini prestasi yang membanggakan,” ujar SBY.

Lebih rinci SBY menjelaskan, pendapatan negara naik, dari Rp 2.200 triliun menjadi Rp 5.000 triliun. Pendapatan per kepala naik dari 1.200 dollar AS menjadi 2.300 dollar AS. Utang IMF Rp 72 triliun dilunasi empat tahun lebih awal. Rasio utang terhadap pendapatan turun dari 54 persen menjadi 32 persen.

Kelima, kesejahteraan rakyat diklaim meningkat dengan turunnya angka kemiskinan, turunnya jumlah penganggur, naiknya penghasilan pegawai, naiknya anggaran pendidikan, dan digulirkannya banyak program prorakyat, seperti pendidikan dan kesehatan gratis, beras untuk rakyat miskin, dan bantuan langsung tunai.

Keenam, dalam hubungan internasional, Indonesia makin dihargai dan diperhitungkan. Menurut SBY, Indonesia tidak dilecehkan lagi, tetapi justru dihormati bangsa-bangsa di dunia.

”Semua keberhasilan itu bukan hanya kerja satu orang, tetapi seluruh rakyat Indonesia di mana saya adalah pemimpinnya,” ujar SBY.

Di samping keberhasilan itu, SBY mengakui banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan dengan kerja keras dan melanjutkan pemerintahan. Pekerjaan rumah itu, antara lain, membuat pertumbuhan ekonomi lebih tinggi, menurunkan angka kemiskinan, meningkatkan penghasilan masyarakat, menambah pasokan listrik dan energi.

Sebelum berkampanye di GOR Rumbai, SBY didampingi Ny Ani Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono datang ke Pasar Bawah, Pekanbaru. Di sini, SBY menyapa pedagang dan menjelaskan kredit usaha rakyat (KUR) untuk modal usaha.

Seusai kampanye di Pekanbaru, Riau, Sabtu malam, SBY didampingi Ny Ani bersilaturahim dengan ratusan tokoh agama, tokoh masyarakat, dan pimpinan pondok pesantren se-Sumatera Utara di Asrama Haji, Medan. Saat silaturahim, SBY didoakan para kiai agar meraih kemenangan sehingga dapat melanjutkan kepemimpinan lima tahun mendatang.

Sementara itu, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Blora menemukan tiga pelanggaran dalam acara Deklarasi Tim Kampanye SBY-Boediono Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Pelanggaran itu berupa melibatkan anak-anak, menggunakan fasilitas negara, dan melibatkan pegawai negeri sipil (PNS). Deklarasi itu berlangsung di Gedung Sasana Bhakti Blora, Sabtu


0 komentar:

Post a Comment

 

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

RECENT COMMENT