GOOGLE SEARCH ENGINE
Custom Search

AS masih Rajai Konglomerat Kelas Dunia

AS_masih_Rajai_Konglomerat_Kelas_Dunia

Bill Gates terkaya sedunia versi majalah Forbes--AP

Amerika Serikat boleh terkena imbas paling besar akibat krisis global, namun posisi orang terkaya sedunia versi majalah Forbes tetap ditempati oleh konglomerat negeri Paman Sam tersebut. Mereka menduduki 10 dari 20 kursi teratas jajaran orang terkaya.

Tidak dimungkiri, krisis global berhasil menguras kekayaan para konglomerat dunia. Jika tahun sebelumnya, terdapat 1125 milyarder dengan jumlah kekayaan bersih sebesar US$4,4 triliun, tahun ini hanya terdapat 793 milyarder dengan jumlah kekayaan bersih sebesar US$2,4 triliun.

"Kabar paling besar hari ini adalah kita berada di sini dan ternyata masih ada para milyarder,"kata juru bicara Forbes Monie Begley sebagaimana dilansir AFP, Kamis (12/3).

Nama Bill Gates yang mendunia sebagai pendiri Microsoft berhak menempati singgasana orang paling kaya sedunia. Ia memiliki kekayaan bersih total sebesar US$40 miliar. Angka tersebut telah mengalami penurunan sebesar US$ US$18 miliar dalam 12 bulan terakhir.

Posisi kedua setelah Gates ditempati oleh investor Warren Buffet. Jumlah kekayaan totalnya mencapai US$37 miliar. Angka tersebut hanya sedikit lebih besar dibanding dengan hilangnya aset yang mesti ditanggungnya akibat turunnya nilai saham Berkshire Hathaway senilai US$25 miliar.

Sama-sama kehilangan US$25 miliar, bangsawan telekomunikasi Meksiko Carlos Slim masih menempati urutan ketiga dengan jumlah kekayaan sebesar US$35 miliar.

Para miliarder dari India, Rusia, dan Turki harus puas tersingkir dari posisi atas akibat krisis global yang terjadi. Sebagai daerah gudangnya miliarder, New York berhasil menggeser Moskow, dari 55 orang menjadi 22 orang. Diikuti oleh London dengan 28 orang. Rusia, dalam hal ini, harus rela kehilangan dua pertiga dari keseluruhan miliarder yang dimiliki, dari 87 menjadi 32 orang. Sementara itu India mengalami pengurangan jumlah miliarder paling parah yaitu dari 53 miliarder pada 2008 menjadi 24 miliarder saja tahun ini.

Meskipun demikian, India masih berhasil menampatkan dua konglomeratnya dalam daftar posisi top 20 tahun ini. Salah satunya adalah bos perusahaan baja Lakshmi Mittal dengan jumlah kekayaan sebesar US$19,3 miliar, setelah kehilangan harta sebesar US$25,7 miliar sepanjang 2008 lalu.

Michael Bloomberg (New York) menempati posisi ketujuhbelas dalam daftar orang kaya sedunia tersebut. Posisi tersebut diperolehnya bukan karena gaji yang didapatnya, melainkan sebagai bentuk ungkapan terimakasih dan penghargaan atas re-evaluasi yang dilakukannya terhadap kantor berita finansial Blomberg, setelah membeli 20% saham dari Merill Lynch sebesar US$4,4 miliar, tahun lalu.

Dari keseluuhan miliarder yang ada dala daftar, sebanyak 64% dari mereka berusia rata-rata 63 tahun. Gates yang berusia 53 tahun masih dapat dikatakan muda karena berada di bawah usia rata-rata tersebut. Posisi Miliarder termuda diraih oleh Albert von Thurn yang masih berusia 25 tahun dengan jumlah kekayaan sebesar US$ 2,1 miliar.

Miliarder Indonesia

Dalam daftar orang terkaya sedunia versi majalah Forbes tersebut juga ternyata kembali memuat nama-nama orang Indonesia. Indonesia berhasil menempatkan sedikitnya 5 orang dalam hal unggul-unggulan harta ini.

Pada peingkat 430, ditempati oleh dua pemilik grup Djarum yaitu Michael Hartono, 69, dan R Budi Hartono, 68, dengan kekayaan sebesar USS1,7 miliar. Pemilik Raja Garuda Mas (RGM) Sukanto Tanoto menempati posisi ke-450 dengan jumlah kekayaan sebesar US$1,6 miliar. Pada posisi ke 522 ditempati oleh pemilik Wilmar International Martua Sitorus dengan kekayaan US$1,4 miliar. Sedangkan pemilik grup Rajawali menempati urutan ke-701 dengan kekayaan sebesar US$1 miliar. (*/OL-03)

0 komentar:

Post a Comment

 

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

RECENT COMMENT