GOOGLE SEARCH ENGINE
Custom Search

Produk Hukum Masih Menimbulkan Ketidakpastian




Seminar ilmiah yang mengangkat tema tentang Konsistensi Pelaksanaan Konstitusi Dalam Penegakan Hukum Revitalisasi Karakter Bangsa di Indonesia diharapkan mampu memberikan pencerahan sekaligus pemahaman tentang bagaimana system konstitusi kita dilaksanakan selama ini. Secara khusus dalam system politik dan tata kelola pemerintahan.

Hukum di Negara ini banyak melahirkan perundangan, namun belum berfungsi sebagai aturan dasar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Bahkan menimbulkan ketidakpastian dalam upaya penegakan hukum.

Bahkan, tumpang tindih kerap terjadi. Yang menyulitkan dalam pelaksanaannya. Yang akhirnya mengganggu sector investasi, perdagangan, pertahanan, otonomi daerah, maupun korupsi. Pihak yang dirugikan akhirnya melakukan pengujian produk ke MK.



Tujuannya adalah untuk memastikan agar produk tersebut tidak menyimpang dari nilai-nilai konstitusional serta melanggar hak-hak konstitusional warga Negara.

Bangsa ini melaksanakan reformasi sejak 14 tahun lalu, tetapi upaya penegakan hukum kita masih sangat jauh dari harapan. Sering terjadi sebuah keputusan yang diduga telah berkonspirasi dalam kepentingan tertentu.

Contohnya pelaksanaan pemilukada yang seharusnya secara subtantuf sangat baikbagi proses demokrasi. Ternyata malah mebuat rakyat menjadi sekedar individu-individu yang egois dan fragmatis. Konflik antar pendukung, protes terhadap lembaga penyelenggara, maraknya praktek money politics, menguatnya isu-isu sektaruanisme dan lokal-etnisentrisme. Merupakan contoh kegagalan demokrasi lewat pemilukada.

Proses tersebut menghegemoni masyarakat kita, terpaksa mengikuti system yang ada. Jati diri sebagai manusia Pancasila yang religious, humanistic, cinta persatuan lesatuan serta demokratis dan adil, menurun dan mengakibatkan hilangnya karakter bangsa.

Reformasi hukum diyakini merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan di Indonesia untuk keluar dari carut marutnya kondisi hukumnya. Jika dibeiarkan akan semakin menggerus jati diri dan martabat bangsa. Juga pentingnya dilakukan upaya untuk membentuk kesadaran hukum masyarakat, membentuk pemahaman masyarakat terhadap hukum, dan memberikan pelayanan hukum kepada masyarakat.(afr

Tribunnews






Bonus Bisnis Toko Online
Bonus Mingguan & Bulanan
Passive Income 80 juta/bulan

Saya menawarkan Kewirausahaan (Entrepreneurship) untuk anda yang Karyawan, Mahasiswa dan Ibu Rumah Tangga!!!




Peluang Bisnis Terbaru 2012
Bisnis Cepat Menghasilkan Dan Terbukti
Sambil Tidur Bisnis Tetep Jalan
Bisnis Investasi Modal Kecil
Informasi Bisnis Online
Tips Trik Gratis Bisnis Online
Peluang Bisnis Dan Usaha Praktis
Bisnis Online Di Internet
Berbisnis Tanpa Mengganggu Aktivitas
Menjaring Uang Di Internet
Ingin punya TOKO ONLINE GRATIS??
Saatnya Anda Bisnis Dari Rumah
Belajar Bisnis Wirausaha Online
KANKER SERVIKS! Penyakit mematikan bagi wanita!
Panduan Praktis Bisnis Online






0 komentar:

Post a Comment

 

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

RECENT COMMENT