SEBUAH survei yang dilakukan lembaga riset NPD di Amerika Serikat baru-baru ini terhadap perubahan pasar ponsel jenis smartphone, menunjukkan Blackberry curves berada di tingkat teratas dalam meraup konsumen.
Hasil survei yang sebelumnya mendudukkan, Apple iPhone berada di puncak, kini telah dikalahkan BlackBerry Curve pada kuartal pertama 2009. Menurut Analisis NPD, Ross Rubin, promosi penjualan yang mengandalkan buy one get one, merupakan salah satu faktor yang mendorong produk Kanada tersebut akhirnya dapat mengalahkan iPhone 3G, pada bulan ketiga di awal tahun 2009.
Selain harganya yang tidak jauh berbeda, jaringan yang luas hingga mampu melampaui iPhone 3G, juga menjadikan Blackbery Curves masuk ke dalam empat besar pilihan Operator Amerika Serikat terbesar.
"Meski masih berada dalam keterpurukan ekonomi, konsumen sepertinya masih membutuhkan kecanggihan lebih dari sebuah smartphone, yang akses informasi dan hiburannya lebih cepat," ujar Rubin.
Rubin juga mengatakan, Blackberry dengan angka penjualan yang tertinggi di pasar smartphone>, lantas diikuti oleh iPhone 3G, Blackberry Strom, Blackberry Pearl dan T-Mobile G1.
Ponsel cerdas saat ini diperkirakan mencapai 23 persen dari penjualan ponsel di AS. Padahal, di kuartal pertama 2008 smartphone hanya mencakup 17 persen dari penjualan ponsel. Apple iPhone 3G dilepas ke pasaran pada Juli 2008 lalu dan sempat menjadi smartphone terlaris di Amerika Serikat hingga akhir tahun.
0 komentar:
Post a Comment